Sabtu, 05 Januari 2013

Hubungan Psikologi dengan Bidang Karier


1.      Hubungan psikologi dengan berbagai bidang karier.

Psikologi dapat digunakan dalam berbagai bidang karier atau lapangan kerja,diantaranya :
a.      Psikologi dan Pengadilan,sebelum hakim menjatuhkan vonis bagi terdakwa,hendaknya ia mengetahui situasi jiwanya pada waktu terdakwa menjalankan kejahatannya. Begitu juga mengenai kesehatan jiwa terdakwa pada waktu itu.
b.      Psikologi dan Kedokteran,banyak penyakit yang diderita oleh pasien dapat sembuh,bukan karena obat yang diberikan dokter. Dokter yang bersikap ramah,sabar dan sopan terhadap pasien akan memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap pasiennya. Kadang penyakit yang diderita oleh pasien merupakan gangguan psikis yang kompleks.Dan dokter juga dapat memahami sifat pasien karena adanya hubungan jasmani dan rohani. Seperti : badan yang tidak sehat,membuat daya ingat menjadi lemah.Tekanan jiwa mempengaruhi kondisi tubuh.
c.       Psikologi dan pendidikan,Seorang ahli didik hendaknya juga seorang psikolog. Psikologi dapat memberikan sumbangan pada pendidikan berupa bagaimana cara anak belajar,berfikir,mengingat,memperhatikan dan sebagainya.Dapat mengetahui betapa dibutuhkannya psikologi dalam bidang pendidikan.Dapat membuat anak berprilaku sesuai dengan norma.Dapat mengetahui bahwa jiwa anak berbeda dengan jiwa orang dewasa.
d.      Psikologi dan Industri atau perusahaan,sebelum pimpinan menempatkan seseorang pada tugasnya,ia mesti tahu lebih dulu kecakapannya,bakatnya ataupun kemampuan lainnya agar pekerja dapat bekerja dengan senang dan menghasilkan produksi sebanyak-banyaknya. Begitu juga hubungan pimpinan dengan buruh-buruhnya,antara buruh dengan buruh harus harmonis.
e.      Psikologi dalam konseling,Bimbingan dan konseling yang diterapkan pada anak dengan mengikuti perkembangannya sampai masa dewasa akan membantu mereka untuk siap dalam memecahkan masalah-masalah sendiri dalam lingkungannya. Konselor yan terlatih dengan menerapkan psikologi akan dapat memberikan bimbingan dan konseling bagi manusia dewasa lainnya dalam kehidupan baik berhubungan dengan pekerjaan/jabatan,tugas dalam berkehidupan berkeluarga,memasuki usia pension/lepas pekerjaan serta memasuki usia tua atau akhir kehidupan.
f.        Psikologi dalam bidang criminal,psikologi berusaha menganalisis kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh individu dari sudut kejiwaan,tentang macam-macam frustasi dan tekanan pada manusia. Dari hasil penyelidikan psikologi dunia kriminalitas membenarkan bahwa orang jahat tidak dapat disembuhkan hanya dengan kekerasan,tetapi harus diganti dengan terapi mental.

Psikologi dalam bidang kepemimpinan,pengetahuan tentang leadership dan management tak sedikit mempergunakan penemuan-penemuan dalam psikologi,karena yang dihadapi atau dipimpin adalah manusia atau segolongan manusia tertentu yang mempunyai sifat atau watak tersendiri. Sekelompok buruh pada suatu pabrik mempunyai sifat lain dari kelompok buruh yang lain pada pabrik yang sama. Cara seorang mandor pelabuhan menghadapi pekerjaan kasar akan lain dengan cara pemimpin kantor menghadapi pegawai-pegawai administrasi karena macam pekerjaan dan  situasi pekerjaan ikut membina pribadi mereka,hingga tidak dapat mereka itu diperlakukan sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar